Maret 03 2015 2Comments

Pakan Buatan Ikan Nila

Ada dua jenis pakan yang biasa diberikan pada ikan nila yaitu pakan alami dan pakan ikan buatan. Benih ikan nila sangat menyukai pakan alami, berupa zooplankton seperti rotifer, moina dan daphnia dan phitoplankton tumbuhan berupa alga dan lumut, upaya menumbuhkan pakan alami dilakukan dengan menambahkan pupuk organik pada saat persiapan kolam pemeliharaan. Jumlah pupuk yang diperlukan sangat tergantung pada tingkat kesuburan lahan, tetapi pada umumnya dosis pupuk organik adalah 250-500 Gram/m.

Pakan buatan yang diberikan harus memenuhi kebutuhan gizi yang optimal bagi pertumbuhan ikan. Pakan yang digunakan sebaiknya sesuai dengan SNI Ikan Niladan harus terdaftar pada DJPB untuk budidaya ikan nila. Kandungan nutrisi pakan buatan di sajikan pada tabel di bawah ini :

Kandungan Nutrisi pakan buatan untuk ikan nila sesuai dengan SNI

NoJenis UjiSatuan (as feed)Pendedran
1Kadar air, maksimal%12
2Kadar abu, maksimal%13
3Kadar protein, minimal%30
4Kadar lemak, minimal%5
5Kadar serat kasar, maksimal%6
6Non protein nitrogen, maksimal%0,2
7Diameter pakan%1-2
8Kestabilan dalam air, min%90/12
9Kandungan mikroba :
– AflatoxinPpb<50
– SalmonellaKol/gNeg
10Kandungan total pospor, maks%1,2
11Kandungan antibiotikMg/kg0
– Nitrofuran
– Ronidozol
– Dapson
– Chloramphenicol
– Cholichicin
– Chlorpromazone
– Trichlorfon
– Dimetildazole
– Metrodazole
– Aristolochia spp

Banyaknya pakan pada induk yang diberikan sebesar 3% – 5% dari berat biomassa per-hari rata-rata ikan di hitung dengan cara menimbang 10 ekor induk yang diambil secara acak , kemudian berat tersebut dibagi 10. Berat rata-rata diperoleh dikalikan dengan estimasi jumlah seluruh ikan didalam kolam.

Dedak halus dan bekatul baik untuk pakan ikan kedua bahan tersebut berfungsi sebagai pakan ikan, pakan mikroorganisme dan zooplankton sehingga secara tidak langsung menambah kesuburan kolam.

 

admin

2 comments

  1. rg2 h tht bh

  2. cześć chcialbym Ci zaoferowac uslugi

Write a Reply or Comment