November 14 2022 0Comment

Nila Nirwana 3, Strain Baru Ikan Nila Unggulan

Nila Nirwana merupakan salah satu ikan nila unggulan yang merupakan hasil persilangan antara ikan nila gift dan ikan nila get dari Filipina singkatnya setelah strain ikan nila nirwana dirilis semakin antusias petani ikan mencoba ikan strain baru ini.

Ikan Nila memiliki keunggulan dibandingkan ikan mujair dan ikan Mas. Dagingnya putih, tebal, padat dan tidak berduri, karena itu ikan ini banyak digemari di dalam negeri dan luar negeri.

FCR untuk Ikan Nila

Faktanya budidaya ikan nila sangat cocok karena hanya membutuhkan waktu 6 bulan, yang mana beratnya bisa mencapai 1 kilogram. Sehingga ikan ini memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi, ketimbang ikan air tawar lainnya, seperti ikan mujair dan ikan mas.

Dan yang lebih mencengangkan, selain dapat dibudidayakan di air tawar,  Nila Nirwana juga bisa dikembangkan di segmen pembesaran di tambak,  laju pertumbuhan sama dengan di kolam air deras dan biaya produksi pakan yang lebih rendah. Kalau di kolam air deras FCR (rasio konversi pakan) sekitar 1,4 sedangkan di tambak FCR sekitar 0,6 – 0,7 dengan lama pemeliharaan selama 3 bulan.

FCR yang rendah ini karena mengandalkan pakan alami berupa klekap atau lumut dan penggunakan pakan pabrikan dilakukan pada saat menjelang panen. Nila Nirwana inipun masih mampu tumbuh optimal di salinitas 29 hal terpenting bagi pembudidaya ikan ialah bisa menekan biaya pakan dengan hasil yang maksimal.

Menurut Sri Judantari, Kepala BBI Wanayasa, proses pembudidayaan ikan Nila Nirwana tidak sulit. Induk ikan dikawinkan dalam kolam pemijahan sehinga menghasilkan benih ikan yang disebut larva. Untuk menjaga agar terhindar dari penyakit, kolam harus selalu dibersihkan dari lumut.

Biasanya calon indukan ikan Nila Nirwana ini dijual per paket yang berisi 100 ekor ikan jantan dan 300 ekor ikan betina, ikan ini tidak saja dipasarkan di dalam negeri, tetapi juga diekspor ke manca negara, diantaranya ke Belgia dan Saudi Arabia.

JITUNEWS.COM –

Salah satu produk unggulan Bungapadma Fish Farm adalah produksi Benih Ikan Nila Nirwana 3 kelas benih sebar yang Kami hasilkan berasal dari Induk Pokok (Parent Stock) yang memenuhi standar mutu Kelas Benih Sebar

Kapasitas produksi benih ikan Nila Hitam ukuran Burayak 500.000 – 700.000 ekor/hari, panen setiap hari
Kapasitas produksi benih ikan Nila Merah ukuran Burayak 300.000 – 500.000 ekor, panen setiap minggu

Ukuran benih yang kami hasilkan :

  1. Larva                     0,5-0,7 cm
  2. Post larva               0,7-1 cm
  3. Burayak                      1-2  cm
  4. Gabar                          2 -3 cm
  5. Gabar                           3-5 cm
  6. Belo                               5-7 cm
  7. Sangkal                        7-8 cm
  8. Calon Indukan Nila

Unit pembenihan ikan kami telah mendapatkan :

  • Sertifikat CPIB, Cara Pembenihan Ikan yang Baik :  Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.
  • Sertifikat MPM, Manajer Pengendali Mutu CPIB   :  Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.
  • Sertifikat Kompetensi Budidaya Perikanan dengan kualifikasi Pembenihan Ikan / Fish Seeding an BNSP, Lembaga Sertifikasi Profesi Kelautan dan Perikanan, LSP-KP.
  • Indukan Sertifikat SKA : Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar, BBPBAT Sukabumi.
  • Indukan Sertifikat SKA : Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar, BPPBAT Bogor
  • Indukan Sertifikat SKA : Balai Benih Ikan BBI Wanayasa Kab. Purwakarta, Provinsi Jawa Barat
  • Indukan Sertifikat SKA : Balai Benih Ikan BBI Cimaja, Kab. Sukabumi, Provinsi Jawa Barat
  • Indukan Sertifikat SKA : Balai Benih Ikan BBI Cijambe, Kab. Subang, Provinsi Jawa Barat
  • Sertifikat sebagai tempat Praktek Kerja Lapangan – PKL Mahasiswa Program Keahlian IPB untuk jenis Ikan Nila
  • Piagam Penghargaan   : Sebagai Juara I (satu) Kelompok Pembudidaya Ikan Berprestasi Tingkat Kab. Sukabumi Tahun 2014 dari Badan Pelaksana Penyuluhan, Pertanian, Perikanan dan Kehutanan BP4K Kab. Sukabumi

Kami hanya menjual benih ikan nila yang sehat dan berkualitas. Bersama kami anda tumbuh  dan berkembang, siap selalu support serta melayani pengiriman ikan ke seluruh wilayah nusantara.

Tunggu apalagi “Pesan Segera”

 

 

admin

Write a Reply or Comment